Jelang UMBK, Siswa Kelas IX MTsN 1 Kotabaru Laksanakan Praktik Prakarya

Oleh Indra Asmara 16 Mar 2022, 08:51:08 WIB Informasi
Jelang UMBK, Siswa Kelas IX MTsN 1 Kotabaru Laksanakan Praktik Prakarya

Kotabaru (MTsN 1 Kotabaru) – Jelang Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK), seluruh siswa kelas IX MTsN 1 Kotabaru melaksanakan ujian praktik memasak untuk pelajaran Prakarya Senin. (14/03/22).
Sejumlah enam rombel siswa kelas IX dibagi tiga sesi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh guru bidang studi prekarya. Pertama kelas IXC dan IXD dilaksanakan hari senin, 14 Maret 2022, kedua IXB dan IXE, dilaksanakan hari selasa, 15 Maret 2022, terakhir Rabu, 16 Maret 2022 yakni kelas IXA dan IXF.
Guru Mata Pelajaran Prakarya Indra Asmara, S.Pd I mengatakan ujian praktik memasak kali tersebut mengambil tema 4 sehat 5 sempurna “Ada makanan utama dan penutup. Intinya masakan harus mencakup 4 sehat 5 sempurna,” kata Indra.
Menurut Indra, ujian praktik tersebut dinilai tim juri dari dewan guru dari segi keterampilan para siswanya dalam cara penyajian, penataan makanan serta kebersihan ruangan karena kegiatan tersebut dilaksanakan di kelas masing-masing, dan yang paling utama adalah dalam hal komposisi rasa bagaimana memasak dan membuat masakan tersebut, yang mengandung unsur empat sehat lima sempurna.
“Penilaian cara penyajian dan penataan untuk menanamkan kepada siswa hidup lebih tertata, untuk penilaian kebersihan, supaya siswa selalu memperhatikan kebersihan, karena karena gaya hidup seseorang bisa dinilai dari kebersihan, baik dalam hal memasak maupun yang lain,” kata Indra
Kepala Madrasah H. Adi Rosadi, S.Ag, MM saat diminta pendapat mengenai kegiatan tersebut mengatakan, “kegiatan praktik ini sangat bagus karena, selain membuat siswa lebih mengenal masakan 4 sehat 5 sempurna yang biasa disajikan, juga diharapkan agar siswa termotivasi untuk membantu orang tuanya memasak di rumah”.
“Siswa harus tahu cara membuat masakan agar cita rasanya lebih enak, cara penyajiannya, terciptanya rasa saling tolong menolong, kerjasama dalam satu kelompok dan untuk mengambil nilai ujian praktik mata pelajaran Seni Prakarya untuk memenuhi nilai akhir kelulusan siswa tersebut,” terangnya.
Dipraktik tersebut, siswa kelas IX berhasil mengolah masakan nasi sop yang dikombinasikan dengan bakso (pentol) dan kaki ayam (ceker ayam), lalapan, Ikan dan ayam bakar, berbgai jenis sambal pedas, dan lain-lain. Hidangan penutup berupa macam-macam kue, puding, buah-buahan, salad buah dan aneka es buah.
Menurut salah seorang siswa   Nor Alika Purwanda kelas 9 E praktik tersebut mengajarkan kerjasama dan saling membantu. “Tidak hanya kerjasama dan saling membantu dalam satu kelompok mereka saja, tapi juga antar kelompok yang lain,” pungkas.


By : Ipul
Foto : Ipul




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 11 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment